c
Hello teman terimaksih telah berkunjung di blog BERBAGI ILMU sebelunya aku mohon maaf apabila yang anda cari tidak sesuai dengan yang anda harapkan disini kita semua belajar dan saya sebagai admin berusaha untuk berbagi ilmu dengan anda semoga bermamfaat salam hangat IVAN JUNTAK.
Share |

Rabu, 23 Maret 2011

Mamfaat Madu

Madu Cairan kental yang dihasilkan oleh hewan bernama lebah ini punya banyak kandungan gizi yang dibutuhkan manusia serta pantas menjadi rujukan bagi kesehatan karena madu adalah makanan yang mengandung aneka zat gizi seperti protein , asam amino, karbohidrat , vitamin, mineral, pigmen, dekstrin , tumbuhan dan komponen Aromatik.

Dari hasil penelitian ahli Gizi dan pangan, madu asli mengandung karbohidrat yang tertinggi diantara produk ternak lainnya seperti telur , susu, daging, keju dan mentega. Dari hasil penelitian terbaru juga ternyata zat senyawa yang ada didalam madu sangat komplek yaitu mencapai 181 jenis .

Madu punya komponen kimia yang memiliki efek koligemik yakni asetilkolin. Asetilkolin berfungsi untuk melancarkan peredaran darah dan mengurangi tekanan darah. khasiat madu tidak perlu diragukan lagi, karena khasiatnya telah dikenal sejak jaman Mesir Kuno , bahkan Ratu Cleopatra telah menggunakan madu untuk rawat kesehatan dan kecantikan. Selain itu juga madu dipergunakan untuk ramuan pembalseman (embalming) untuk mengawetkan Mummi Raja-raja Mesir Kuno. Tradisi orang Jepang adalah meminum madu setiap malam agar bangun tidur dalam keadaan segar dan sehat.

Salah satu nilai uniq dalam madu karena madu mengandung zat antibiotik . ini dari hasil penelitian Peter C Molan ( 1992 ) , peneliti dari Departement of Biological Sciences, University of Waikoto , Selandia Baru. Menurutnya Madu terbukti mengandung zat antibiotik yang aktif melawan serangan berbagai kuman patogen penyebab penyakit.

Beberapa penyakit infeksi oleh berbagai patogen yang bisa dicegah dan disembuhkan dengan minum madu secara teratur diantaranya : batuk, demam, penyakit luka tukak lambung, infeksi saluran pencernaan , penyakit kulit dsb

Manfaat madu bagi janin bisa memperkuat janin yang lemah dalam kandungan ( rahim ) ini tentunya ibu hamil yang sedang menyusui. Untuk bayi madu bisa membantu perkembangan otak bayi, karena setiap harinya otak terus berkembang sampai dengan usia 5 tahun. Untuk itu ia membutuhkan gizi yang tinggi.

Anak anak juga akan terbantu bila mengkonsumsi madu, karena membantu agar nafsu makan meningkat (adanya unsur vitamin B yang lengkap dalam madu), sehingga anak tumbuh sehat , lincah dan riang serta tahan penyakit

Bagi remaja khasiat madu membuat perkembangan tubuh maksimal, karena mengandung gizi yang baik dan teratur serta membuat pertumbuhan tubuh menjadi sempurna.

Bagi para orang dewasa tingkat kelelahan dan pekerjaan yang , sehinga madu adlah solusi yang sangat bagus untuk atasi itu semua

Dan yang terkahir adalah bagi mereka para lanjut usia: Madu asli adalah makanan terbaik yang sangat diperlukan bagi manula , karena madu adalah sumber energi dan gizi yang dapat diserap langsung oleh tubuh , dimana pada usia tersebut organ pencernaan mereka sudah mulai berkurang fungsinya Madu selain manis, rasanya pun nikmat. Daripada menimbun gula di dalam tubuh, lebih baik mulai menguranginya sekarang juga Untuk kesehatan yang lebih terjaga.

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...